Blog

Handphone Dari Jaman Old Hingga Jaman Now

HANDPHONE DARI JAMAN OLD HINGGA JAMAN NOW
Bagikan dong

# PERKEMBANGAN HANDPHONE

Jaman terus berubah dulu mungkin kita tidak pernah berpikir bahwa kita akan mengalami perkembangan tekhnologi seperti saat sekarang ini. Masih ingatkah kita dengan Handphone pertama yang masuk ke Indonesia, tentu tidak buat generasi jaman now, tapi bagi mereka generasi 80 an / 90 an mereka akan tahu seperti apa phisik handphone pertama yang masuk ke Indonesia. Baiklah mari kita kembali ke masa- masa itu, jaman dimana telepon seluler pertama kali datang ke Indonesia. Tahu nggak guys bahwa handphone pertama yang beredar di Indonesia itu Ukuran sangat besar dan belum bisa masuk kedalam saku. karena ukurannya yang super besar, handphone ini tidak hanya besar tapi juga berat. Beratnya, rata-rata 430 gram atau hampir setengah kilogram. Tahu nggak handphone pertama yang datang ke Indonesia ini belum ada layar, dan baterainya bisa melakukan panggilan selama 35 menit. Dan hanya segelintir orang saja yang mampu beli telephone seluler ini karena yang nggak kira-kira 10 Juta. Bayangain 10 Juta itu tahun 1985 Kira-kira kalau tahun 2018 sekarang itu berapa ya guys?

Baru kemudian tahun 1995: Kemunculan telepon rumah nirkabel. Penggunaan teknologi GMH 2000/ETDMA diperkenalkan oleh Ratelindo. Layanan yang diberikan oleh Ratelindo berupa layanan Fixed-Cellular Network Operator, yaitu telepon rumah nirkabel. Pada tahun yang sama, pemerintah memperluas daerah layanan GSM ke provinsi-provinsi lain di Sumatera. Untuk memfasilitasi hal itu, pada 26 Mei 1995 didirikan sebuah perusahaan telekomunikasi bernama Telkomsel, sebagai operator GSM nasional kedua di Indonesia, dengan kepemilikan bersama Satelindo.

Pada tahun 1998, Telkomsel memperkenalkan produk prabayar pertama yang diberi nama Simpati, sebagai alternatif Kartu Halo. Lalu Excelcom meluncurkan Pro-XL sebagai jawaban atas tantangan dari para kompetitornya, dengan layanan unggulan roaming pada tahun 1998. Pada tahun tersebut, Satelindo juga tidak mau kalah meluncurkan produk Mentari, dengan keunggulan perhitungan tarif per detik.

Nah pada periode 1997-1999 Goncangan krisis moneter masih terasa namun minat masyarakat terhadap perkembangan tekhnologi seluler sangat tinggi Product Mentari yang diluncurkan Satelindopun mampu memiliki 10.000 Pelanggan padahal kartu perdana saat itu harganya sangat mahal sekitar Rp. 100. Ribu. Hingga akhir 1999 jumlah pelanggan seluler di Indonesia terus meningkat, mencapai 2,5 juta Pelanggan.

Pada Tahun 2000-2007 adalah tahun dimana perkembangan Tekhnologi Handphone terjadi begitu pesat dan harga handphone pun perlahan tapi pasti mulai terjangkau, di jaman itu handphone yang terkenal adalah nokia communicator dan PDA phone, bahkan memiliki nokia communicator merupakan sebuah prestige tersendiri karena harganya yang mahal.)

Kemudian pada tahun 2007-2013 Handphone layar jenis layar sentuh mulai mengisi pasar, namun responsibilitas dan kenyamananya belum seperti sekarang. Saat itu handphone layar sentuh masih menggunakan pen ( Stylus) Pada tahun- tahun itu selaku legenda perusahaan IT terbesar meluncurkan productnya yang berlogo apel growak yaitu i Phone. Handphone ini mempelopori handphone dengan banyak fitur, mulai dari user interface yang menarik juga pengalaman layar sentuh yang menyenangkan. Hal itu membuat produsen lain seperti Samsung, HTC, Nokia, Siemens dll berlomba- lomba mengeluarkan productnya untuk menyaingi iPhone. Begitu juga dengan handphone

pabrikan Cina menawarkan harga menarik dengan fasilitas yang melimpah. Tekhonlogi Touchscreen yang di usung Produsen- produsen handphone ini mengubah gaya standard pengguna ponsel menjadi lebih menyenangkan. Apalagi handphone sekarang di bekali dengan took aplikasi seperti Windowsphone , App Store dan yang paling popular adalah Play store dari google. Play store ini terbukti menawarkan lebih banyak aplikasi dibandingkan toko aplikasi lain. Karena google punya cara berbeda untuk mengembangkan toko aplikasi untuk android ini. Menurut lembaga riset Anie, cara tersebut sukses membuat google untung besar 98% yang justru dari aplikasi gratisan bukan yang dari berbayar. Banyaknya aplikasi – aplikasi gratis di era Android kini memanjakan pengguna ponsel yang mereka sukai. Seperti edit Foto, pemutar lagu, edit film, edit video atau audiobooks. Salah satu Platform aplikasi gagasan anak negeri ada audiobuku, juga banyak game-game seru yang bisa kamu download gratis Playstore. Tinggal pilih mana yang kamu suka.

GENERASI KEDUA, KETIGA DAN KE EMPAT SELULER. KAMU DI ERA YANG MANA?

Sejalan dengan perkembangan operator selular- di atas ponsel-ponsel mulai berlomba-lomba masuk ke Indonesia Kehadiran handphone masuk ke Indonesia dimulai dari generasi kedua. Apa itu generasi kedua? Generasi Kedua adalah ponsel yang disebut 2G, generasi ini hadir pada pertengahan 1990 an ber operasi pada jaringan GSM generasi kedua menggunakan frekuensi standar 900 Mhz dengan Frekuensi 1800 Mhz. Pada generasi ini sinyal analog telah diganti dengan sinyal digital. Penggunaan sinyal Digital ini baru mampu melakukan pesan suara, panggilan tunggu dan melakukan Short Message Service.

Setelah generasi kedua perkembangan handphone di Indonesia perlahan tapi pasti mulai maju berkembang masuk ke generasi ke tiga. Apa itu generasi ke tiga? Generasi ke tiga adalah generasi dimana sinyal handphone beralih dari 2G ke 3G. Fasilitas di jaringan 3G ini adalah memungkinkan sinyal ini memiliki jangkauan yang jauh lebih luas, pada jaringan 3G ini pengguna sudah bisa menggunakan internet dan video call, Jaringan 3G terbilang sudah termasuk tinggi dalam 3G terdapat 3 standard untuk dunia telekomunikasi “ Enhance Datarates for GSM evolution (EDGE) Wideband –CDMA 2000. Kelemahan pada generasi ini adalah biaya yang bengkak dan kurang luasnya jaringan karena masih baru.

Oke, guys sekarang kita bahas Ponsel pada generasi keempat. Generasi kita-kita atau boleh kamu sebut dengan generasi Jaman Now. Karena pada generasi ini pastinya semuanya ikut berperan didalamnya. Pada generasi ini system ponsel menawarkan tekhnologi babak baru dan solusi infrastruktur yang juga meng integrasi teknologi wireless broadband (WiBro), CDMA, wireless LAN, Bluetooth, dll. Jaringan 4G ini berdasarkan keragaman jaringan IP yang memungkinkan yang memungkinkan Pengguna menggunakan beragam System kapan saja dan dimana saja. 4G juga memberikan sinyal dengan kecepatan dan volume tinggi juga kualitas yang jauh lebih baik, kalau dibandingkan dengan generasi sebelumnya. 4G juga telah memiliki jangkauan global dan fleksibelitas untuk menjelajah berbagai tekhnologi berbeda. Dan 4G juga memberikan pelayanan pengiriman data cepat untuk mengakomodasi berbagai aplikasi multimedia. Seperti, video Conferencing game online, dan lainya.


SMS-an DI JAMAN OLD

Tentu kita tahu apa itu SMS ya guys?? Tahu dong, tentu sebelum ada WatsApp buat menghemat pulsa kita menggunakan fasilitas SMS atau Short Massage Service nah itu kepanjangan SMS guys. Nah biasanya anak – anak muda di jaman SMS sebelum ada WA (WatsApp) mereka suka menggunakan istilah atau menyingkat kata dengan “ cmz, xmx, zmz, mz??? “ Nah yg jadi pertanyaan apakah kepanjangan singkatan dari kata itu? Sudahlah kita tidak akan membahas itu. Hanya anak-anak gaul dan alayers yang tahu singkatan dari kata itu. Baiklah kita lanjut ya guys. Layanan pesan singkat atau short massage Service diperkenalkan pada tahun 2000, dan menjadi booming dan fenomena bagi pengguna ponsel karena sangat praktis dan biayannya yang sangat murah. Mengingat panggilan menelpon waktu itu masih mahal kalau dibanding sekarang. Ditahun itu juga PT. Indosat dan PT Telkomsel mendapatkan lisensi sebagai dua operator GSM 1800 nasional. Layanan kedua BUMN itu kemudian beroperasi pada tanggal 1 Agustus tahun 2001 Babap baru telekomunikasi kembali berlanjut pada tahun 2003 yang ditandai dengan bermunculanya operator-operator baru seperti Telkom flexi, yang mengusung teknologi CDMA 2000 1X Kemudian dibelakang flexi mengekor Esia yang sempat menjadi fenomena juga karena biayanya yang super irit. Esia dari Bakrie Telecom. Kemudian muncul lagi CDMA lain yaitu Fren & Hepi dari mobile 8, kemudian star one dari Indosat, Smart dari Lippo Telecom, dan terakhir Ceria dari Sampoerna Telecom. Seperti yang kita ketahui operator CDMA Waktu itu jauh lebih murah kalau dibandingkan dengan GSM, Apa saja siih kelebihan CDMA kalau dibandingkan GSM baiklah mari kita bahas.

Tekhnologi CDMA ternyata jauh lebih aman dibandingkan GSM

Tahu nggak guys kalau tekhnologi CDMA itu ternyata jauh lebih aman dibandingkan dengan GSM? Bahkan saking amanya jaringan seluler CDMA pertama kali digunakan untuk membantu komunikasi pada tentara Amerika. Kenapa jaringan ini aman karena menggunakan metode enkripsi dengan kode unik untuk proses komunikasi. Berbeda dengan GSM yang mengandalkan timeslot. Harga yang ditawarkan operator GSM waktu itu jauh lebih murah kalau dibandingkan dengan GSM, Begitu juga dengan handphonenya bahkan ada yang beda harganya sampai jutaan. Kenapa bisa demikian hal itu disebabkan karena jaringan CDMA bekerja pada cakupan area local saja. Hingga tarif hampir sama dengan tarif telephone rumah. Baik local maupun interlocal. Berbeda dengan GSM yang memiliki tarif flat untuk berbagai daerah. Pada saat itu pengguna CDMA juga tidak sebanyak GSM sehingga akses data CDMA berjalan lebih cepat. CDMA pada saat itu juga banyak digunakan sebagai modem untuk melakukan akses internet. Kekurangan pada Operator CDMA ini adalah pada roaming hal itu membuat operator CDMA waktu itu kurang banyak diminati. Karena di anggap kurang praktis tidak seperti operator GSM yang lebih simple bagi semua user. Dengan adanya roaming ini membuat konsumen yang memiliki mobilitas yang lebih tinggi menjadi enggan menggunakan telephone berbasis CDMA ini. Melihat hal tersebut Produsen operator CDMA mensiasatinya dengan mengeluarkan sim card dengan nomor combo. Apa kegunaan kartu combo ini? Nomor Combo ini merupakan salah satu inovasi untuk mencegah terjadinya roaming pada nomor CDMA ketika sang pengguna harus bergerak atau mobile, berpindah pindah dari kota satu ke kota lainya. Selain soal Roaming CDMA juga memiliki kelemahan pada coverage area. Coverage area yang dimiliki CDMA Tidak seluas GSM, Hal itu membuat pelanggan CDMA berpindah ke GSM, karena kebutuhan mobilitas pelanggan yang kian hari kian tinggi. CDMA juga memiliki kekurangan pada kompatibilitas handheld yang terbatas. Kadang fitur- fitur utama pada CDMA pada waktu itu tidaklah selengkap fiture dari handhel yang menggunakan jaringan seluler GSM

Kekurangan – Kelebihan CDMA dan GSM

Lalu apa perbebedaan CDMA dan GSM? Mungkin hanya sedikit dari kita yang benar-benar tahu apa itu perbedaan GSM Dan GSM, baik mari kita bahas. Dua operator yang beredar di Indonesia memang hanya CDMA dan GSM. CDMA (Code Division Multiple Access) GSM (Global System for Mobiles) adalah dua jaringan yang memiliki radio yang berbeda namun memiliki fungsi dasar yang sama yaitu sebagai operator seluler. Yang bisa mengirimkan pesan teks (SMS) , mengirimkan suara, data dan teks secara nirkabel kepada pelanggan telephone seluler. Meskipun fungsinya sepertinya sama tapi satu sama lain memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Baiklah kita mulai dari GSM. GSM misalnya, GSM biasanya Jaringan komunikasi yang mengirimkan data pelanggan berdasarkan paket waktu yang biasanya dikenal dengan istilah timeslot. GSM ini juga menggunakan system TDMA atau Time Division Multiple Access. TDMA bekerja dengan cara menguasai waktu , artinya jika salah satu pengguna sedang menggunakan system, maka pengguna yang lainpun secara tidak langsung tidak dapat mengaksesnya. Nah dari situ banyak keuntungan yang didapat dari pelanggan GSM dianataranya kenyamanan saat menggunakan GSM karena. Karena sudah disewa oleh satu pelanggan, maka orang lain tidak bisa menyewanya. Dari situ suara yang dihasilkan dari jaringan GSM juga terdengar lebih nyaring dan jelas dibandingkan dengan operator CDMA. Sebenarnya kekurangan pada GSM ini adalah soal informasi yang bisa saja bocor, karena menggunakan timeslot secara bergantian tanpa kode khusus. Orang bisa dengan mudah mendapatkan informasi pelanggan sebelumnya. Lalu bagaimana dengan CDMA. CDMA menggunakan metode yang sama dengan namanya yaitu CDMA (Code Division Multiple Access) dengan kode ini setiap handphone yang yang akan melakukan sambungan bisa mengirimkan data CDMA kapan saja. Sebagai pembeda setiap telephone selular CDMA memiliki kode unik untuk mengatur paket CDMA yang dikirimkan ke dalam sambungan ponsel. Nantinya sang penerima sambungan telephone tersebut juga hanya menerima data yang menggunakan kode yang sama dengan kode penelphone. Akses jaringan CDMA ibarat angkutan umum adalah angkutan bus atau kereta yang ditumpangi banyak orang. Masing-masing sang penumpang memiliki kode sendiri-sendiri. Yang tentunya berbeda dengan kode yang dimiliki penumpang lain. Nah bila ingin saling berhubungan kode tersebut akan mengirimkan akses. Karena kode satu sama lain berbeda maka, pelanggan bisa bebas melakukan komunikasi dengan yang lain.


Kekurangan CDMA dari GSM adalah dalam hal kelancaran komunikasi, karena jaringanya digunakan bareng-bareng dengan yang lain. Karena itu komunikasi memiliki komunikasi terhambat, karena itu bisa saja pelanggan CDMA merasa tidak nyaman karena suara yang putus-putus atau tidak jelas. Satu lagi pemancar CDMA biasanya hanya dipasang di kota-kota besar saja, alhasil jaringan jadi kurang luas dan jadi kurang bagus jika digunakan untuk komunikasi jarak jauh, apalagi untuk daerah pedesaan. Namun demikian tarif Menelpon dan internet CDMA jauh lebih murah dibandingkan GSM keuntungan CDMA dibanding GSM terletak pada koneksi bersama yang secara teoritis dapat mengurangi traffic yang terjadi di menara pemancar. Tekhnologi yang mendasari CDMA pun lebih aman.

Di Indonesia, GSM lebih populer kalau dibandingkan dengan CDMA. Sekarang masyarakat mulai lebih banyak menggunakan akses data daripada menelpon atau voice. GSM ini bisa memberi kecepatan yang lebih stabil dibandingkan dengan CDMA. Sekalipun jaringan 4G sudah masuk dan sudah diimplementasikan di Indonesia, namun pada frekuensi 900 MHz terkadang masih menyulitkan operator GSM dalam layanan 4G yang stabil. Untuk sementara ini hanya ada satu operator CDMA yang bertahan di Bisnis telephone seluler di Indonesia, tentu kita tahu operator apa yang masih bertahan? Tidak bisa dipungkiri untuk urusan data operator satu-satunya CDMA di Indonesia ini tercatat lebih unggul dibandingkan tiga operator lainya yang semuanya GSM. Kecepatan LTE advance yang dipakai operator CDMA tunggal tersebut diperkirakan dapat menyentuh angka 300 Mbps. Teknologi carrier agregation yang di aplikasikan oleh satu-satunya operator CDMA ini menjadikan LTE Advance bukanlah sebuah impian. Operator CDMA ini memanfaatkan frekuensi 2.300 MHz dengan teknologi TDD (Time Division Duplex) dan 850 MHz yang mengandalkan teknologi FDD (Frequency Division Duplex). (JB-Berbagai Sumber)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *